Kenapa Prosesor Intel Lebih Mahal Dari AMD?



Pernahkan anda membandingkan dua prosesor tersebut yang memiliki kecepatan yang sama dan membandingkan harga nya?
coba kalian liat baik-baik perbedaan harga nya cukup jauh berbeda pasti AMD lebih murah kenapa seperti itu?
apakah karena Prosesor Intel lebih baik? Tidak juga !
banyak orang yang berpikir kalau harga itu tidak pernah menipu ,tapi tidak selamanya kata kata tersebut benar ternyata setelah saya mencoba sendiri kedua prosesor tersebut dan membaca dari beberapa Refrensi saya mendapat kesimpulan kenapa amd bisa lebih murah dari intel.
Satu hal yang membuat saya ingin selalu ingin tertawa bila mendegar orang lain bahwa Prosesor yang paling bagus itu Adalah Intel Core i7.
Begitu pula saat saya bertanya pada pada beberapa teman saya tentang prosesor apa yang paling bagus itu apa ? dan mereka menjawab core i7.
Tapi ketika saya tanya ,Kalau Amd yang paling bagus apa yah? mereka menjawab tak tau coba searching ajah.
Dan Ketika Saya tanya tentang seri prosesor intel mereka semua tau dari mulai intel pentium sampai yang terbaru core i7 ,tapi ketika saya tanya tentang prosesor AMD mereka hanya tau seri althon dengan phenom saja ,mereka tidak tau perkembangan prosesor AMD tapi Intel mereka tau.
Dari sini saja saya sudah dapat menyipulkan satu point.

1.Intel Lebih Familiar Dari AMD


Intel lebih bagus dalam bidang promosi ? Ya ,Mereka berhasil menguasai pasar untuk saat ini hampir semua orang tau intel tapi bagi orang awam AMD terasa asing di telinga mereka.
Tapi Taukah Anda bila anda membeli intel Core i7 5960x  dengan harga 4,5 juta setara dengan AMD Fx-8350 yang harga nya 2,5 Juta?
mereka memiliki chache dan Kecepatan yang sama persis yaitu :
Chace 8 Mb
Kecepatan 4.0 Ghz
Tidak percaya coba seaching aja sendiri.
Tapi kenapa Intel lebih laris dan laku dari pada AMD ? Padahal Harga nya lebih mahal hampir 2x lipat.
Bila anda memilih Intel Karena Alasan i7 itu memiliki 7 Core,Maka menurut saya anda keliru karena amd fx-8350 itu meliki 8core ,yang berarti AMD satu core lebih banyak dari Intel.
Sebenarnya sudah  jelas bila seorang Tekhnisi akan memilih AMD dari pada Intel karena harga nya jauh lebih murah dari pada intel,karena yang mereka butuhkan Performa bunkalah lah Brand.
Berbeda dengan orang awam yang tidak mergerti hardware komputer Yang mereka tau adalah Intel Dan i7 yang terbaik ,banyak orang yang membeli i7 tanpa melihat Kecepatan Ghz dan Chace Prosesor yang sebenarnya memiliki kecepatan setara dengan core i3.
Kita Ambil Contoh Sedikit Keluar dari Pembahasan:
Bila Dalam Sistem Operasi Intel Ibarat Windows Sedangkan AMD Ibaratkan Linux.
Rata-Rata Semua orang bisa menjalankan OS windows tapi Linux tidak ! cuman Beberapa orang yang dapat mengunakan nya,Padahal Windows itu harus beli dan Linux itu gratis.
tapi kenapa Windows paling banyak di gunakan?
karena windows itu lebih familiar bagi kita ,kita sudah terbiasa mengunakan windows tetapi tidak pada linux! begitu juga dengan prosesor AMD kita terbiasa mendegar dan mengunakan intel maka kita tidak percaya terhadap AMD walaupun kita diberi harga yang lebih murah kita tetap akan memilih Intel yang lebih mahal.
Saya Bukan Pencinta AMD ,karena saya juga punya intel saya hanya berbagi sedikit informasi kepada anda.

2.AMD Lebih Cepat Panas Dari Intel?

Pembahasan ini sebenarnya sudah basi cuma saya ini mepertegas kesalah pahaman yang ada di masyarakat yang beredar saat ini.
Dulu sih emang betul tapi sekarang sudah tidak apalagi bila kita pintar dalam merawat pc dan tidak telat menganti pasta prosesor.
Terus Kenapa Intel Bisa Lebih Mahal?
Karena Intel mengunakan daya yang lebih kecil dari pada AMD sudah jelas maka intel Memang Sedikit lebih dingin dari pada AMD tapi Sebenarnya Ini Bisa di atasi dengan menganti Heatsing/Cooler yang bawaan nya Standart dengan cooler master yang lebih besar paling nambah 500 Ribu .
Saya Sempat Berdebat tentang masalah ini ,mereka berkata ribet harus beli lagi heatsing ,padahal kalau kita itung itung masih mahal Intel . Dan Sebenarnya Cepat Atau Lambat Intel Juga Sebernya Bakal Ganti Heatsing dan tidak akan kuat mengunakan Heatsing/cooler Standart.


3.Intel Lebih Awet Dari AMD


Yakin ? Udah membuktikan Sendiri?
ketika Prosesor Intel mencapai batas titik panas maka akan Shutdown dengan otomatis ,Sedangkan AMD tidak.
Ya itu dulu kalau sekarang sudah tidak , Prosesor Amd pun akan shutwdown otomatis  bila prosesor terlalu panas ,Tapi satu hal yang AMD lebih unggul dari Intel.
AMD bisa kita seting agar tidak shutdown otomatis ,hal ini sangat di butuhkan oleh para Gamers ,Kenapa?
Ya Karena ketika kita maen game bila terjadi shutdown di tengah permain ,akan ngawat apalagi kalau game online.


4.Urusan Chace Intel Lebih Unggul?


Point ini saya sangat setuju chace intel sekarang 20Mb sedangkan chace AMD paling besar untuk saat ini 8Mb
Tapi taukan anda harga prosesor i7 yang memiliki chace 20Mb di bandrol berapa?
15 juta ,itu untuk harga prosesor nya saja ,untuk orang seperti saya lebih baik membeli sepedah motor hehe
sedangkan AMD Prosesor Terbaik nya yang memiliki Chace 8Mb harga nya 3,5 juta tentu  tidak seimbang bila kita bandingkan karena sudah jelas harga nya sudah sangat jauh sekali berbeda.
Tapi Taukah anda ? tahun sekarang 2016 kabar nya AMD sedang melakukan penelitian karena tahun sebelum nya Intel yang melakukan penelitian.
Maka dari itu kita tungu kejutan apa yang akan AMD keluarkan.
untuk yang mau merakit pc lebih baik tunggu tahun depan semoga AMD meluncurkan produk untuk menyainggi intel.

Mungkin ada beberapa perkataan saya salah mohon maafkan ...

Click Me!
Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Anonim
AUTHOR
8 Juni 2017 pukul 13.45 delete

Tergantung clock prosessornya..terkadang AMD terlalu memaksakan prosessor berclock tinggi ada di notebook..dan utk org awam yg tidak peduli/tdk bs merawat notebook itu akan bermasalah..

Reply
avatar
Ichi Hikaru
AUTHOR
9 April 2018 pukul 17.56 delete

Kalo pertimbangannya soal budget dan kebutuhan, saya lebih pilih Amd ketimbang intel. Kemaren saya beli laptop dgn amd cuma dibandrol 8.5jt, sementara spek yg sama di seri intel core i5 dibandrol 10.5jt. Ya mending Amd yekan

Reply
avatar
Admin
AUTHOR
7 Februari 2019 pukul 07.38 delete

Ya memang kebanyakan orang tau prosesor yang bagus itu Intel. Di kampus, laptopnya kebanyakan pake intel. Alesannya ga muluk2, yaitu karena Intel itu 'bagus'.
Jujur aja gw pecinta produk AMD. Dulu emang pernah di Intel, karena dulu gw sama kaya temen2 gw sekarang yg punya pemikiran bahwa Intel-lah yang terbaik. Sebenarnya AMD dan Intel adalah dua vendor ternama di dunia yang bersaing ketat. Hanya saja Intel lebih punya nama di Indonesia karena dulu AMD masih belum bisa menyaingi Intel secara ketat bisa disebut "ketinggalan". Tapi sekarang udah beda, AMD punya versi Threadripper, dan banyak dipakai oleh gamer pro di dunia. Punya Ryzen yang dipakai hampir setiap kalangan gamers.
So, keduanya punya kelebihan dan kekurangannya masing2. Menurut gw, kalo punya gengsi tinggi mau yang branded ya pilih Intel. Kalo mau yang ekonomis ya AMD. Urusan spesifikasi, tergantung seri dan versinya masing2. Keduanya punya tempat persaingan yang sebanding.

Reply
avatar