Cara Memperbagus Suara Vocal Di Adobe Audition CS 6.0


Sebenarnya untuk mengedit suara vocal atau memperbagus nya tidak bisa mengunakan satu cara yang sama atau dengan kata lain memukulnya sama cara.
berikut ada beberapa tools effect yang biasanya digunakan untuk editing vocal apa saja itu?


1.Reverb
2.Dynamics Prosesing
3.Multiband Compressor
4.Deeseer
5.Hard Limiter
6.Echo
7.FFT Filter
8.Parametic Filter
9.Graphic Equalizer
10.Crous/Flanger
11.Noise Reduction

Dan masih ada tools yang lain.
yang jadi pertanyaan ,Effect manakah yang saya harus gunakan?
apakah semua tools yang yang di atas harus saya gunakan?
jawaban nya , Tentu tidak!
bila anda mengunakan semua effect di atas maka bukan hasil bagus yang di peroleh malah sebalik nya.Karena kenapa? ibarat kan anda sedang di dapur tools yang di atas adalah bumbu nya dan vocal adalah bahan utama nya.jadi hasil editing /Mixing Mastering tiap orang pasti akan berbeda beda meskipun mengunakan software yang sama ,maka dari itu ketelitian dan feel kalian sangat di butuhkan disini. effect apakah yang di butuhkan untuk caracter vokal yang sedang anda edit selain caracter vocal Genre pun akan sangat mempegaruhi.

Berikut ini tools yang pasti digunakan pada vocals apa saja itu?

1.Hard Limiter 
Berfungsi untuk menormalisasi suara, bahasa lain nya agar suara vokal tidak acak acakan jadi suara vokal yang di hasilkan tidak akan tiba tiba kencang ataupun kecil.

Sebelum Di hardlimiter

Sesudah Mengunakan Hardlimiter


Untuk Hard Limiter biasanya saya menunakan "Light " tapi kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kalian tentunya.


2.DeeSser
Untuk Mengurangi suara "ssss" Bila belum paham silahkan seaching dibah google.



3.Noise Reduction
Berfungsi untuk menguragi suara bising yang tentunya hanya akan merusak kualitas vocal tapi jangan mengunakan noise terlalu tinggi karena akan mengubah kualitas juga,jadi gunakan secukup nya.saya biasa nya mengunakan 80 %.




Oke sekarang Sekarang Effect yang bisa di sebut spesialnya ,Kenapa? Karena seperti yang saya bilang tadi .ada harus mengunakan feel ketika memilih effect tersebut.walapun begitu tetap ada patokannya yaitu berupa tempo dan Genre.

1.Genre Pop Mellow / Lagu Sedih
Biasanya lagu lagu seperti ini berada di tempo 100 ke bawah ,kita ambil contoh lagu Dewa19 - kangen atau St12  - Saat terakhir.
Nah untuk lagu lagu seperti ini biasa mengunakan Effect Reverb Yang cukup dalam
Jadi Pilih Reverb > Full Reverb
Klik gambar di bawah dan perhatikan yang saya beri haris merah.nah pilih salah satu dari present tersebut.pilih lah yang palin cocok.
kemudian lihat garis yang biru Output Level ,atus di antara 70 -110 % sesuaikan dengan kebutuhan.



Kemudian pilih Multiband Compressorpilih Present TigerBass

kemudian Pilih Graphic Equalizer seperti gambar di bawah


2.Lagu Tempo lebih dari 125
nah untuk lagu seperti ini biasanya mengunakan Reverb nya sangat tipis bahkan nampak sangat tidak terdegar oleh orang awam.
contoh nya seperti lagu al-gazali -lagu galau.
Biasanya saya seting reverb nya seperti gambar di bawah


kemudian Flanger ,kurang lebih seperti di bawah.


Kemudian FFT Filter 


Nah itulah beberapa tips yang saya bisa saya bagi untuk anda,mungkin masih banyak yang saya ingin bagi tapi di post saya selanjutnya.
untuk yang masih bingung atau punya pertanyaan silahkan gunakan kolom komentar di bawah.
Bagi yang ingin mendegarkan hasil Mixing & Mastering Saya silahkan Kunjungi  SoundClound saya:
Atau Bisa Play Di Bawah.


Terimakasih.





Click Me!
Previous
Next Post »