Efek Samping Mengganti CDI Standar Dengan Racing



CDI adalah komponem penting dalam motor ,peran nya sebagai pegapian yang akan di lanjutkan ke Koil kemudian ke Busi.

Tentu saja CDI standart dari pabrikan akan berbeda dari yang Racing ,CDI standart memiliki limit karena di magsudkan untuk menjaga mesin agar lebih awet dan berumur panjang.

Segala sesuatu yang kita ganti di motor pasti akan selalu menghasilkan 2 dampak yaitu positif dan negatif.

Penyetelan yang baik akan menghasilkan yang baik juga maka dari itu berhati hati dan pilih CDI yang sesuai dengan kendaraan anda ,namun apapun motor anda dampak baik buruknya menganti CDI sama saja.

Beriku ini rangkuman dampak Negatif.

Efek Negatif:

1.Mesin Akan lebih Cepat Aus
Hal ini memang jarang terjadi namun beberapa kasus pernah terjadi ,yaitu tabrakan atnara Klep dengan pistol di akibatkan tarikan gas terlalu dalam

2.Aki Batrai Cepat Lemah
Bila Aki tidak sesuai dan setelan motornya maka dampak nya akan berbalik merusak CDI tersebut,
Di samping itu bisa menyebabkan busi cepat aus juga

Di samping itu ada dampak positif yang kita dapatkan bila mengunakan CDI Racing


Efek Positif:

1.Bahan bakar lebih irit
Menganti CDI yang di ikuti setelan motor yang baik akan menghasilkan pembakaran yang efisien dan tidak banyak bensin yang terbuang sia sia ,sehingga bankan bakar akan lebih irit.
2.Akselerasi Lebih Terasa
CDI Standart memiliki limit sedangkan yang Racing tidak (untuk beberapa tipe) sehingga akan membuat perpindahan tiap gigi lebih lama (nafas motor lebih panjang) atau Top Speed yang di gapai bisa lebih besar.

3.Torsi Power Lebih Besar
Sama seperti akselerasi, power juga pasti akan lebih terasa namun hati hati jangan menarik gas terlalu dalam karena akan membuat tabrakan antara pistol

Setelah kita lihat dampak baik dan buruknya dari menganti CDI ,bisa kita simpulkan lebih banyak dampak positif yang kita dapatkan dari pada negatifnya.
Di samping dampak negatif tersebut bisa kita cegah dengan cara berkendara lebih berhati hati dan tidak terlalu sering melakukan akselarasi berlebihan bila untuk pengunaan racing harian. 


Click Me!
Previous
Next Post »