Para Penemu Penting Yang Kurang Terkenal




Seorang penemu adalah orang yang berhasil menciptakan sesuatu yang baru dapat berguna untuk orang banyak.
apakah anda tau siapa penemu lampu yang kini ada di rumah dan kosan anda? tentu saja Thomas Alva Edison.

Namun apakah anda tau siapa yang menemukan Televisi ? mungkin hanya sebagian orang yang dapat menjawab hal tersebut.

maka dari itu mari kita mengetahui orang orang yang kurang terkenal tersebut dan menghargai apa yang sudah mereka ciptakan karena dapat kita rasakan manfaat nya sampai sekarang.

siapa saja mereka ,beriku rangkuman nya:

1.Penemu Kertas: Cai Lun


Sekitar tahun 70 masehi, dia menemukan cara pembuatan kertas dari kayu murbei. Bagian dalamnya direndam di air dan dipukul-pukul sehingga seratnya lepas. Bersama dengan kulit, direndam juga bahan rami, kain bekas, dan jala ikan. Setelah menjadi bubur, bahan ini ditekan hingga tipis dan dijemur. Lalu jadilah kertas yang mutunya masih belum sebagus sekarang.

2.Penemu Pensil: Nicolas-Jacques Conte


Beliau merupakan pelukis asal Perancis. Dia adalah pencetus pensil modern pertama yang dibuat dari campuran bubuk grafit dan tanah liat pada abad 18. Pensil buatannya 70% sama dengan pensil yang kita pakai hari ini. Namun pada saat itu, kegunaan pensil adalah untuk melukis, bukan menulis.

3.Penemu Pulpen: John J. Loud dan Laszlo Biro


Seorang insinyur asal Amerika Serikat yang menciptakan pulpen untuk pertamakalinya di dunia pada abad 19. Pulpen yang dia buat adalah pulpen isi ulang dengan ujung miring yang sering kita sebut sebagai pulpen jadul. Sementara pulpen modern yang kita pakai sekarang adalah pulpen hasil karya pebisnis Hungaria, Laszlo Biro pada awal abad 20 yang menjadi penemuan paling laris di masanya.

4.Penemu Cermin: Justus von Liebig


kimiawan asal Jerman yang menjadi pencipta cermin modern pertama di dunia pada abad 19. Dia menciptakan cermin dengan cara menerapkan lapisan tipis perak metalik ke satu sisi dari panel kaca bening, sehingga jadilah cermin untuk manusia melihat dirinya sendiri. Sebelum ada cermin, manusia hanya bisa "bercermin" pada permukaan air atau perak.

5.Penemu Kamera: Joseph Nicephore Niepce


seorang ilmuwan asal Perancis yang sekarang dikenal sebagai penemu kamera modern sekaligus perintis di bidang fotografi. Ia menciptakan kamera dengan mengembangkan teknik heliograf, sebuah teknik kuno yang ia manfaatkan untuk mendapatkan hasil cetak dari satu benda dengan memanfaatkan cahaya. Secara teknis, ia menggunakan alat pencetak yang terbuat dari pelat fotongraf pada awal abad 19, hingga akhirnya ia berhasil menciptakan kamera sederhana untuk mendapatkan karya foto dengan hasil gambar resolusi rendah.

6.Penemu Mobil: Karl Benz


beliau adalah insinyur dan teknisi mesin asal Jerman yang menciptakan kendaraan bermotor roda empat pertama di dunia pada akhir abad 19. Kendaraan ciptaannya disebut "Motorcar". Rangkanya sangat mirip dengan mobil modern yang kita lihat sekarang, hanya saja mobil modern dibungkus dengan "body case" yang menutupi semua mesin di dalamnya sehingga tampilan mobil tampak lebih apik.

7.Penemu Motor: Sylvester Roper dan Gottlieb Daimler


teknisi asal Amerika yang menciptakan sepeda bertenaga uap atau motor uap pada abad 19. Motor uap ini menjadi kendaraan roda dua pertama yang tidak perlu dikayuh. Sementara Gottlieb Daimler, seorang insinyur asal Jerman menjadi orang pertama yang menciptakan motor berbahan bakar minyak seperti umumnya motor yang kita pakai hari ini.

8.Penemu Listrik: William Gilbert


fisikawan asal Inggris yang menjadi penemu listrik pertama pada abad 17. Namun penemuannya hanya sekadar berupa studi, sehingga listrik yang ia temukan sama sekali tidak aplikatif seperti sekarang. Barulah pada abad 18, Benjamin Franklin mencetuskan ide untuk memanfaatkan listrik sebagai sumber daya yang memudahkan pekerjaan manusia sehari-hari. Hingga akhirnya pada abad 19, ilmuwan asal Kroasia yakni Nikola Tesla dan ilmuwan asal Inggris yakni Michael Faraday menciptakan beragam perangkat yang memudahkan manusia untuk memanfaatkan energi listrik. Sehingga Tesla dan Faraday dikenal sebagai "Bapak Listrik" namun bukan "Penemu Listrik".

9.Penemu Televisi: Philo Farnsworth


seorang teknisi yang menjadi pencipta televisi pertama pada tahun 1920an. TV yang ia buat adalah hasil kerja kerasnya setelah melakukan serangkaian eksperimen panjang selama 6 tahun. Dia mulai bereksperimen di usianya yang masih sangat muda yakni 15 tahun dan TV buatannya akhirnya berhasil bekerja ketika ia berusia 21 tahun. Sebelum sukses, hasil kerja kerasnya ini sempat ditolak oleh beberapa investor untuk mendirikan stasiun TV bahkan pada tahun 1930an, koran The New York Times mengatakan "TV adalah penemuan baru yang konyol, benda ini tidak akan sukses, siapa yang mau duduk seharian untuk melihat gambar bergerak dari benda ini?"

10.Penemu Komputer: Alan Turing, John Atanasoff, dan Steve Wozniak


Alan Turing adalah matematikawan asal Inggris yang menjadi pencipta komputer pertama pada masa Perang Dunia II. Komputer ciptaannya jelas bukan komputer yang kita kenal sekarang. Komputer ciptaannya adalah komputer analog yang berguna sebagai mesin komputasi atau mesin penghitung otomatis. Dia menciptakan komputer untuk kepentingan Kerajaan Inggris dalam membongkar sandi enigma yang digunakan Nazi dalam berkomunikasi. Berkat komputer ciptaan Turing inilah, sandi enigma bisa terpecahkan, hingga akhirnya pihak sekutu bisa membaca strategi Nazi dan mengalahkannya.
Tak lama setelah itu, John Atanasoff sukses membuat komputer digital pertama. Hingga pada akhirnya, programer dan pendiri perusahaan Apple, Steve Wozniak sukses menciptakan OS yang bisa digunakan pada komputer digital sehingga komputer tersebut lebih mudah digunakan untuk berbagai kepentingan, komputer ciptaan Wozniak inilah yang kita sebut sebagai Komputer Pribadi atau Personal Computer (PC).


Click Me!
Previous
Next Post »